Minggu, 17 Januari 2010

Seni Lukis Kontemporer

Sebelum mempelajari pengertian seni lukis kontemporer, maka akan diuraikan terlebih dahulu tentang pengertian seni, lukis, dan kontemporer

Pengertian Seni


Mungkin kata “Seni” tak asing lagi di telinga kita. Kata ini sering muncul entah di televise ataupun di media tulis. Tapi, sebenarnya apa arti dari kata itu? Sebenarnya, seni tidak dapat didefinisikan, karena seni memiliki arti yang luas, setiap orang bebas mengartikan seni. Di bawah ini, ada beberapa pendapat tentang pengertian seni:

  1. Menurut Ensiklopedia Indonesia, Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat atau mendengar.
  2. Menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia (penggubah) yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia(penerima).
  3. Achdiat Kartamiharja, seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan realitas ke dalam suatu karya. Bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam batin penerimanya.
  4. Aristoteles, seni adalah meniru bentuk alam dengan kreatifitas ide penggubahnya agar lebih indah.
  5. Leotolstoy, seni adalah suatu kegiatan manusia (penggubah) yang secara sadar dengan perantara tanda-tanda lahirnya tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain (penerima) sehingga ikut merasakan perasaan-perasaan seperti yang ia (penggubah) alami.
  6. Schopen Hauer, seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Meskipun musik adalah seni yang peling abstrak, tapi tiap-tiap orang menyukainya.

Oleh karena itu, dari beberapa pendapat tentang pengertian seni di atas ditambah dengan pendapat saya sendiri, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Seni adalah Hasil ekspresi manusia (penggubah) yang timbul dari perasaannya, yang direfleksikan ke dalam bentuk suara, rupa, mimik, gerakan, dengan menitik beratkan pada estetika/keindahan sehingga dapat menggetarkan hati orang lain yang menikmatinya.

Pengertian Kontemporer

Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Pengertian Lukis

Lukis atau melukis adalah Kegiatan manusia untuk mengekspresikan/mencurahkan isi hatinya ke sebuah bidang datar dengan menggunakan pensil, ballpoint, cat, dll. yang berupa goresan-goresan baik dengan menggunakan warna ataupun tidak.

Jadi, dari pengertian Seni, Lukis, dan Kontemporer di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Seni Lukis Kontemporer adalah Hasil Ekspresi manusia yang dicurahkan ke sebuah bidang datar dengan menggunakan pensil, ballpoint, cat, d.l.l. yang berupa goresan-goresan baik dengan warna ataupun tidak, sehingga menghasilkan suatu karya yang bersifat kekinian atau modern dengan menitik beratkan pada keindahan atau estetika sehingga dapat menggetarkan jiwa orang lain yang menikmatinya.

Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda. Silakan tinggalkan komentar anda tentang artikel ini....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar